Kantong di bawah mata dan disertai lingkaran hitam dapat diatasi dengan berbagai perawatan yang sesuai. Perawatan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami, melalui prosedur medis seperti laser, pengisi kulit (implan untuk meningkatkan penampilan wajah) dan operasi kelopak mata.

Kantung mata atau juga dikenal sebagai panda sering muncul seiring bertambahnya usia. Ketika jaringan dan otot yang mendukung kelopak mata melemah. Umumnya, ini hanya masalah kecantikan atau penampilan, jarang disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Penampilannya akan lebih menyebalkan jika kantong-kantong di bawah mata disertai oleh lingkaran di bawah mata yang sedikit menggembung, sampai kulitnya runtuh dan keriput. Penuaan, kelelahan, dan kurang tidur adalah penyebab utama tas di bawah mata dan lingkaran hitam.

Untuk secara efektif menyingkirkan tas di bawah mata, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat tas Anda muncul di bawah mata. Selain penuaan dan kelelahan, berbagai faktor lain dapat memicu tas di bawah mata dan lingkaran hitam, termasuk:

Peningkatan melanin atau hiperpigmentasi pasca-inflamasi karena alergi.
Kerusakan pembuluh darah.
Mengurangi lemak di bawah mata karena masalah kulit.
Mengkonsumsi terlalu banyak kafein dan tembakau menyebabkan kurang tidur.
Retensi cairan karena perubahan iklim, kadar hormon, dan makanan asin.
Alergi atau dermatitis dengan pembengkakan, kemerahan dan gatal.
Faktor keturunan.
Stres dan paparan sinar matahari.
Hidung tersumbat, anemia, hingga kehamilan.

Cara menghilangkan lingkaran hitam dan lingkaran hitam

Pada dasarnya, tas di bawah mata dan lingkaran hitam hanyalah masalah kecantikan yang tidak memerlukan perawatan khusus. Perawatan di rumah dan gaya hidup sehat dapat menjadi solusi tepat untuk menghilangkan kantong di bawah mata, termasuk:

Kompres mata. Kompres mata Anda dengan kain bersih yang dibasahi air dingin. Kompres mata Anda selama beberapa menit dengan sedikit tekanan pada mata Anda. Anda dapat menggunakan sachet yang berisi teh hijau atau sepotong mentimun sebagai kompres. Atau Anda bisa menggunakan masker gel mata yang sekarang ada di pasaran.

Tingkatkan waktu tidur Anda dengan waktu yang cukup, 7 hingga 8 jam sehari.
Posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat akan membantu Anda mengatasi masalah lingkaran hitam Anda. Tidur dengan bantal tambahan untuk menopang kepala Anda. Metode menghilangkan kantong di bawah mata ini membantu mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat Anda tidur.
Hindari minuman beralkohol dan kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu tidur dan membuat tas di bawah mata dan lingkaran hitam lebih gelap.
Asupan cairan yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan membantu mencegah bengkak. Untuk menghindari retensi air, Anda dapat mengurangi konsumsi makanan asin atau asin.
Pastikan untuk minum banyak air, setidaknya 8 gelas sehari, untuk menjaga kulit Anda sehat dan lembab.
Asupan kalium juga dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh, yang dapat memicu kantong di bawah mata. Sumber makanan yang mengandung potasium termasuk pisang, kacang-kacangan, yogurt dan sayuran hijau.
Gunakan krim mata yang mengandung chamomile, mentimun atau arnica yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

Perawatan lain berdasarkan penyebab kantung di bawah mata

Obat alergi. Jika kondisi mata Anda disebabkan oleh alergi, cara untuk menghilangkan kantung di bawah mata dan lingkaran hitam adalah menghindari alergen dan meminum obat alergi yang tersedia di apotek atau resep.
Pengisi Kulit. Perawatan pengisian kulit ini di dokter kulit dapat menjadi solusi untuk masalah kantong di bawah mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *