bro, saya udah mati matian olah raga, tapi kok malah makin gendut ya? nah ini sering kali kita dengar ya. hal ini memang diluar ekspektasi kita bahwa saya olahraga yang selama ini kita kenal sebagai cara ampuh untuk menurunkan berat badan, ternyata di beberapa orang malah menjadikan berat badan mereka tambah berat. kenapa hal ini terjadi?

Jangan buru-buru menyalahkan olahraganya. Menurut penelitian terbaru, ada kesalahan umum yang kerap dilakukan terkait pola makan sehingga orang-orang yang rajin olahraga justru mengalami peningkatan berat badan.

Sekelompok partisipan dalam penelitian itu teramati makan lebih banyak dari biasanya ketika merasa sudah berolahraga cukup keras. Peningkatan porsinya bahkan mencapai 24 persen lebih banyak.

Peningkatan terjadi antara lain pada saat makan siang, yakni bertambah 150 kalori. Asupan cokelat terpantau meningkat 20 persen.

Salah satu alasannya adalah merasa ‘pantas’ untuk makan lebih banyak. Namun tanpa perhitungan yang cermat, maka pembakaran kalori saat olahraga jadi tidak sebanding dengan asupan yang masuk sehingga malah jadi gendut.

“Selain apa yang kita makan, faktor kritikal adalah berapa banyak kita makan,” kata Dr Lewis James dari Loughborough University yang melakukan penelitian ini, dikutip dari Dailymail.

nah jadi kalian harus ingat bro, walaupun kalian olahraga, tetap saja harus menjaga pola makan yang tepat. ingat istilah “demand dan supply” ya. asupan nya harus sesuai dengan energi yang kalian keluarkan. sehingga dapat menekan berat badan kita menuju ideal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *